Inilah Cara Bayar Pajak Motor Kredit Tanpa BPKB Asli

Pajak Motor - Tidak banyak memang yang mengetahui bagaimana cara bayar pajak motor kredit. Cara membayar pajak untuk motor yang masih belum lunas masa kreditnya memang tidak sama dengan motor yang dibeli secara cash. Jika Anda membeli motor secara cash, Anda akan mendapatkan STNK dan BPKB secara langsung. Motor yang dibeli secara cash akan lebih mudah untuk pembayaran pajaknya, tidak harus di kantor Samsat. Sementara motor yang dibeli secara kredit tentu belum disertakan BPKB, pembayaran pajak harus dilakukan di kantor Samsat.

Persyaratan bayar pajak motor kredit secara garis besar hampir sama dengan motor cash. Namun karena tidak ada BPKB aslinya, maka diperlukan BPKB fotokopi. BPKB fotokopi tersebut harus disertai dengan legalisir dari pihak leasing. Bagaimanapun, proses pembayaran pajak hanya akan dilayani jika persyaratannya lengkap. BPKB asli menjadi salah satu persyaratan untuk membayar pajak, baik pajak 1 tahunan ataupun 5 tahunan. Agar motor kredit dapat segera diproses pembayaran pajaknya, maka diperlukanlah fotokopi BPKB asli dengan legalisir dari pihak leasing.
cara bayar pajak motor kredit,cara bayar pajak motor online,bayar pajak motor atas nama orang lain,cara perpanjang stnk motor kredit,cara memperpanjang stnk mobil,bayar pajak motor ganti plat,

Baca Juga : Cara Mudah Bayar Pajak Tanpa BPKB 

Selain fotokopi BPKB tersebut, syarat lain yang harus dilengkapi yaitu STNK asli dan juga KTP asli. KTP yang dimaksud adalah KTP asli sesuai dengan identitas pada BPKB. Jadi bagi Anda yang membeli motor dengan BPKB atas nama orang lain, Anda perlu meminjam KTP aslinya untuk keperluan pembayaran pajak. Baik itu motor yang Anda beli secara cash ataupun kredit, jika BPKB atas nama orang lain maka Anda tidak dapat menggunakan KTP Anda. Secara umum cara bayar pajak motor kredit memang tidak berbeda jauh dengan pembayaran pajak motor cash.

Walaupun hampir sama, tingkat kemudahan pembayaran pajak jauh lebih mudah untuk motor cash. Motor yang dilengkapi dengan BPKB akan jauh lebih mudah untuk pembayaran pajaknya, tidak harus di kantor Samsat. Pembayaran pajak dapat dilakukan di Samsat keliling atau di e-Samsat untuk daerah yang sudah mendukung layanan tersebut. Berbeda dengan pembayaran pajak untuk motor kredit yang harus dilakukan di kantor Samsat serta harus melampirkan BPKB fotokopi plus legalisir dari pihak leasing. Untuk Anda yang tinggal di Jakarta Timur, cara bayar pajak STNK motor kredit dapat dilakukan di Kebon Nanas.

Jangan lupa untuk meminta surat pengantar pengganti BPKB asli dari pihak leasing. Lampirkan surat tersebut untuk mempermudah pembayaran pajak motor yang masih kredit. Untuk pembayaran pajak, baik yang kredit ataupun yang cash sebaiknya dilakukan sendiri. Menggunakan jasa orang atau calo memang lebih mudah dan praktis, namun biayanya tentu lebih mahal dibandingkan membayar pajak sendiri. Karena pembayaran pajak untuk motor kredit harus dilakukan di kantor Samsat, Anda harus sabar menunggu antrean. Demikian yang dapat disampaikan mengenai cara bayar pajak motor kredit, semoga dapat bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs DMCA.com Protection Status
Back To Top