6 Tips Cara Melunasi Hutang dengan Cepat Menurut Islam Secara Tepat

6 Tips Cara Melunasi Hutang dengan Cepat Menurut Islam Secara Tepat
6 Tips Cara Melunasi Hutang dengan Cepat Menurut Islam Secara Tepat
Cara melunasi hutang dengan cepat menurut Islam berikut ini penting untuk diketahui bagi Anda umat Muslim yang memiliki beban hutang. Memiliki hutang memang merupakan hal yang sangat manusiawi dan wajar. Namun jika hutang yang dimiliki bertumpuk dengan jumlah yang sangat banyak tentu tidak lagi wajar. Hutang yang menumpuk akan menjadi beban yang akan membuat kepala pusing, makan tidak enak dan tidur pun tidak nyenyak. Bagi Anda yang memiliki hutang menumpuk, segeralah bayar hutang Anda tersebut dengan cara yang benar.
doa menghadapi kesulitan membayar hutang,cara mengatasi masalah terlilit hutang,doa menghadapi utang,cara melunasi hutang dalam islam,cara cepat melunasi hutang dalam 1 hari,

Baca Juga : Cara Membayar Hutang Puasa Ramadhan dengan Qadha

Cara cepat bayar hutang Islami akan disampaikan berikut ini agar Anda tidak salah mengambil langkah dalam membayar hutang. Langsung saja, ini dia tips bagi Anda para Muslim yang memiliki hutang bertumpuk:

1.       Taubat Nasuha
Agar hutang Anda cepat lunas, segeralah mengoreksi diri Anda sendiri. Bagaimana perilaku Anda, apakah pernah menyakiti orang lain terutama keluarga. Setelah itu segeralah meminta maaf kepada orang yang sudah Anda sakiti. Kemudian ambillah air wudhu lalu dirikan sholat sunah 2 rakaat, lanjutkan dengan membaca istighfar sebanyak mungkin. Selain itu, berjanjilah pula bahwa Anda tidak akan mengulangi dosa tersebut.
2.       Perbanyak puasa
Cara melunasi hutang dengan cepat menurut Islam selanjutnya yaitu dengan memperbanyak berpuasa. Mulailah dengan berpuasa minimal 3 kali dalam sebulan, lanjutkan serutin dan serajin mungkin. Usahakan untuk berpuasa di hari Senin dan Kamis, atau Anda juga dapat berpuasa Dawud. Dengan berpuasa, Anda akan terbiasa untuk menahan nafsu dan pikiran Anda juga akan semakin jernih.
3.       Bersilaturahmi
Silaturahmi merupakan salah satu hal yang sangat baik untuk menjaga persaudaraan. Perbanyaklah bersilaturahmi dengan saudara atau teman, mungkin saja beberapa diantaranya dapat membantu masalah Anda.
4.       Perbanyak mengerjakan amalan baik
Menjadi orang baik tentu akan mendapatkan balasan yang baik pula. Oleh karena itu, perbanyaklah berbuat baik, maka Anda akan mendapatkan hal-hal yang baik. Perbanyaklah senyum dan membantu sesama, membantu tidak harus dengan uang.
5.       Sholat hajat
Cara membayar hutang yang menumpuk berikutnya yaitu dengan mengerjakan sholat hajat. Sholat hajat dapat dilakukan di malam hari setelah sholat Isyak, minimal 2 rakaat. Baca pula doa atau amalannya untuk meminta kelancaran rezeki kepada Allah SWT.
6.       Sholat Dhuha
Sholat Dhuha dapat Anda kerjakan secara rutin untuk meminta diberi kelancaran rezeki. Jangan lupa untuk membaca doa sholat Dhuha setelah selesai mengerjakan sholat Dhuha.

Jika Anda memiliki hutang menumpuk, usahakan untuk tidak mencari hutang lagi hanya demi membayar hutang yang lama. Jika hal tersebut terus Anda lakukan, Anda tidak akan segera terlepas dari masalah hutang. Terutama jika Anda tidak melakukan usaha lain, atau bahkan Anda mengambil hutang riba. Akan lebih baik jika Anda mulai berhemat dengan penghasilan Anda dan menyisihkan sebagian darinya untuk membayar hutang. Jika Anda memiliki harta benda, juallah apa yang Anda miliki sebelum hutang Anda semakin menumpuk. Sekian tips cara melunasi hutang dengan cepat menurut Islam, semoga dapat bermanfaat.
6 Tips Cara Melunasi Hutang dengan Cepat Menurut Islam Secara Tepat Rating: 4.5 Posted by: Lomba Cindra