Tata Cara Membayar Fidyah yang Baik dan Benar

Tata Cara Membayar Fidyah yang Baik dan Benar
Tata Cara Membayar Fidyah yang Baik dan Benar
FIDYAH - Kehadiran bulan Ramadhan menjadi sesuatu yang spesial bagi umat Islam. Di bulan suci ini, umat Islam memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadah puasa. Ibadah puasa bagi sebagian besar umat Islam tidak lagi menjadi suatu kewajiban, tapi ibadah ini menjadi suatu ibadah yang nikmat untuk dijalani. Bagi umat Islam yang tidak mampu melakukannya, maka mereka harus membayar fidyah. Tata cara membayar fidyah sudah diatur secara jelas dan pasti dalam Agama Islam. Dengan demikian, umat Islam tidak akan merasa kebingungan dalam melakukan pembayaran fidyah tersebut.

Berbicara tentang fidyah, Anda beberapa golongan yang diperbolehkan untuk tidak melaksanakan puasa Ramadhan dan menggantinya dengan membayar fidyah. Golongan tersebut, antara lain:
  •  Orang tua yang sudah sangat renta sehingga tidak memiliki kemampuan untuk berpuasa.
  •  Orang yang menderita sakit dalam waktu yang lama dan tidak lekas sembuh.
  •  Wanita yang sedang mengandung atau hamil dan tidak kuat berpuasa.
membayar fidyah ibu menyusui,perhitungan bayar fidyah,membayar fidyah bagi orang sakit,membayar fidyah pengganti puasa,membayar fidyah bagi ibu hamil,membayar fidyah menurut islam,

Baca Juga : Cara Membayar Hutang Puasa Ramadhan Dengan Qadha

Tata cara membayar fidyah memiliki beberapa jenis. Untuk itu, bagi Anda yang sudah tidak kuat berpuasa dan ingin menggantinya dengan fidyah dapat memilih salah satu dari beberapa cara tersebut. Fidyah disini harus berupa makanan atau bahan makanan. Umat Islam tidak diperkenankan membayar fidyah dalam bentuk uang. Hal ini dipertegas dalam firman Allah SWT yang artinya “Membayar fidyah dengan memberi makan pada orang miskin.”

Lalu, bagaimana tata cara membayar fidyah pengganti puasa tersebut? Untuk melakukan pembayaran fidyah ini, Anda harus memperhitungkan dengan cermat. Satu hari Anda tidak berpuasa, maka Anda harus memberi makanan untuk satu fakir miskin. Untuk waktunya sangat fleksibel. Anda dapat memberi makan pada hari itu juga (hari dimana Anda tidak berpuasa) atau mengakumulasikannya dan membayar di akhir sekaligus. Namun demikian, Anda tidak boleh melakukan pembayaran fidyah sebelum bulan Ramadhan tiba.

Jika berbicara tentang tata cara membayar fidyah menurut Islam, maka Anda juga harus mengetahui jenis makanan yang sebaiknya Anda gunakan untuk membayar fidyah tersebut. Pada dasarnya tidak ada aturan khusus. Namun, sebaiknya Anda memberikan makanan yang terbaik atau minimal sama dengan apa yang Anda makan saat itu. Anda juga dapat membayar fidyah dalam bentuk bahan makanan. Bahan makanan yang dapat Anda berikan dapat berupa beras dan bahan lauk pauk.

Demikianlah sedikit informasi tentang tata cara membayar fidyah. Informasi ini sangat penting bagi Anda yang sudah tidak kuat lagi untuk melakukan puasa atau sedang hamil. Apalagi saat ini sudah mendekati bulan suci Ramadhan. Mungkin Anda akan menemui beberapa pendapat berbeda mengenai tata cara dalam pembayaran fidyah ini. Untuk itu, Anda harus berpegang teguh pada kitab suci Al Qur’an dan Hadist. Dengan demikian, Anda tidak akan terjerumus pada pendapat-pendapat yang kurang benar.
Tata Cara Membayar Fidyah yang Baik dan Benar Rating: 4.5 Posted by: Lomba Cindra