Minggu, 02 September 2018

Syarat Bayar Pajak Motor dan Proses Mudah Melakukannya

Sudah tahukah Anda bagaimana cara dan apa saja syarat bayar pajak motor? Bagi Anda yang belum tahu, Anda dapat mencari tahu dengan membaca uraian berikut. Bagi Anda yang belum pernah melakukan pembayaran pajak motor, Anda tidak perlu bingung. Rutinitas yang wajib dilakukan oleh pemilik motor ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Hanya saja karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tidak jarang orang yang hanya menggunakan jasa orang lain. Namun bagi Anda yang ingin membayar pajak motor sendiri, Anda dapat melakukannya dengan mudah.

syarat bayar pajak motor di samsat,syarat bayar pajak motor tahunan,syarat bayar pajak motor di samsat keliling,syarat bayar pajak motor tanpa bpkb,syarat bayar pajak motor 5 tahun,

Baca Juga : Cara Mudah Bayar Pajak Online Melalui E-Billing

Berikut akan disampaikan gambaran bagaimana cara membayar pajak serta apa saja syarat bayar pajak motor 5 tahunan dan 1 tahunan. Langsung saja, ini dia proses-prosesnya:
  • Langkah pertama dalam pembayaran pajak yaitu mengisi formulir perpanjangan STNK sesuai dengan data pada STNK dan BPKB motor. Isilah secara lengkap pada loket pendaftaran di Samsat setempat, kemudian lampirkan pula syarat-syaratnya. Untuk syarat bayar pajak motor tahunan, Anda perlu melampirkan STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan KTP asli serta fotokopi (sesuai STNK dan BPKB). Sementara untuk pembayaran pajak 5 tahunan, akan dilakukan cek fisik kendaraan. Selain itu, Anda harus melampirkan syarat seperti syarat perpanjangan pajak STNK tahunan.
  • Selanjutnya Anda dapat menyerahkan berkas-berkas tersebut kepada petugas yang ada di Loket Penyerahan Berkas.
  • Selanjutnya, Anda akan diberi slip pembayaran pajak sesuai dengan jumlah pajak yang harus Anda bayar.
  • Slip yang sudah Anda terima dapat Anda serahkan ke kasir, serahkan pula uang sejumlah pajak yang harus Anda bayar.
  • Jika Anda tidak memiliki denda pajak motor, maka proses pembayaran pajak akan lebih mudah dan cepat. Setelah Anda melakukan langkah keempat, Anda akan menerima bukti pembayaran pajak. Bukti tersebut akan diserahkan kepada Anda sekaligus dengan STNK dan BPKB.

    Bagaimana, tidak sulit bukan membayar pajak di Samsat baik pajak motor 5 tahunan atau 1 tahunan. Cara ini memang sederhana, namun memang memakan waktu yang tidak sebentar. Namun jika Anda membayar pajak sendiri tentu lebih memuaskan dibandingkan harus menggunakan jasa orang. Syarat bayar pajak motor tersebut tidak banyak namun pastikan Anda membawa semua persyaratannya. Untuk pembayaran pajak 5 tahunan, Anda akan diberi plat baru ketika menerima STNK. Plat baru tersebut akan diberikan ketika Anda mengambil bukti pembayaran pajak dan STNK.

    Untuk Anda yang hanya ingin membayar pajak motor tahunan, Anda dapat melakukannya di Samsat keliling. Syarat yang diperlukan tetap sama, pastikan Anda membawa BPKB asli dan juga KTP asli. Usahakan untuk menjadi warga negara yang baik dengan tidak telat membayar pajak. Jika Anda telat membayar pajak, Anda sendiri yang akan mengalami kesulitan. Walaupun hanya pajak motor tahunan, Anda tetap harus ke kantor Samsat untuk dapat melakukan pembayaran pajak. Pembayaran pajak akan semakin merepotkan karena keterlambatan tersebut, namun secara umum syarat bayar pajak motor tetap sama.