Kini, Bayar Pajak Motor Online Jakarta Makin Gampang dan Cepat

Bayar pajak motor online Jakarta bisa dilakukan melalui bank dan atm. Cara membayar pajak motor online ini dirasa sangat efisien dan bagus untuk diterapkan karena menghemat banyak waktu. Dengan system pembayaran yang baik diharapkan penerimaan pajak Negara pun bisa dapat lebih optimal.
Bayar pajak motor online Jakarta memiliki prosedur yang sama dengan membayar pajak di kantor Samsat. Namun karena pembayaran dilakukan tidak di Samsat, maka jumlah antrian akan diminimalisir sehingga waktu pembayaran lebih cepat. Membayar pajak motor akhirnya tak perlu memakan waktu lama dalam mengantri.

Pembayaran pajak kendaraan selain di Samsat bisa dilakukan di tempat lain yang telah di tunjuk dan dapat menjadi representasi dari Samsat. Misalnya dengan menggunakan drivethru, Anda bahkan tidak perlu untuk keluar dari kendaraan Anda. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pembayaran langsung di bank maupun di ATM.
bayar pajak motor online tangerang bekasi,informasi pembayaran pajak kendaraan bermotor,bayar pajak motor online jawa tengah dan jawa timur,bayar pajak motor online lampung dan depok,

Baca Juga : Tips Cara Mudah Bayar Pajak Motor

Untuk pembayaran menggunakan cara manual yang dilakukan di Samsat memerlukan beberapa persyaratan untuk dipenuhi, yaitu:
  • .       KTP Asli pemilik kendaraan dan fotocopy
  • .       STNK asli kendaraan dan fotocopy
  • .       BPKB asli kendaraan dan fotocopy
Ketiga persyaratan tersebut harus dibawa untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Baik dengan menggunakan system manual di Samsat maupun menggunakan system online.
Perbedaan mendasar pada system online dan manual adalah tempat dan cara pembayaran. Pada system manual pembayaran dilakukan di kantor pusat Samsat maupun di kantor pembantu dengan menggunakan uang tunai dengan prosedur dan antrian yang ada. Dengan menggunakan system online, masyarakat dapat menggunakan drivethru Samsat yang telah tersebar di berbagai tempat, selain itu juga bisa menggunakan outlet Samsat yang telah buka di beberapa mall di Jakarta. Untuk pembayaran terkini bahkan bisa melalui ATM dan bank yang telah bekerjasama dengan Samsat.

Pembayaran pajak motor secara online di Jakarta saat ini melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor rutin. Pembayaran online yang dilayani di Samsat online antara lain adalah kendaraan bermotor yang dalam keadaan pengesahan masa STNK 1 Tahun, keadaan tidak ganti STNK, keadaan disertai dengan BPKB, KTP pemilik asli dan STNK, tak terlambat lebih dari 1 Tahun dan hilang atau rusak, lapor jual, laka dan kriminal.
Untuk memeriksa besaran pajak yang wajib Anda bayarkan pada saat melakukan pajak online, Anda bisa mengakses http://Samsat-pkb.jakarta.go.id dengan menggunakan internet. Proses pengecekan melalui internet adalah sebagai berikut:
  • Akses http://Samsat-pkb.jakarta.go.id.
  • Isikan nomer kode yang diminta dengan nomor yang ada di kotak sebelahnya, kemudian enter atau klik.
  • Kemudian akan keluar tampilan masukan 4 digit nomor dan huruf plat yang akan di cek, setelah di enter maka akan keluar data yang Anda perlukan untuk membayar pajak.
  • Apabila keluar tulisan “data tidak ditemukan” maka Anda sebaiknya memeriksanya di kantor Samsat untuk keterangan lebih lanjut.
Nah, bayar pajak motor online Jakarta cukup mudah kan? Anda tinggal mengecek nominal lalu melakukan pembayaran di Samsat drivethru atau bank yang ditunjuk untuk membayar. Dengan demikian Anda tak perlu mengantri di kantor Samsat untuk membayar pajak kendaraan bermotor Anda. Cara ini diharapkan akan semakin memudahkan wajib pajak sekaligus mempercepat pelayanan kepada para pemilik kendaraan dimanapun nantinya.