Info Cara Bayar BPJS di ATM Mandiri untuk Peserta BPJS Kesehatan

Bayar BPJS di ATM Mandiri - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS adalah badan hukum dari program pemerintah berupa asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan. BPJS yang lebih dikenal dengan BPJS Kesehatan ini memudahkan semua lapisan masyarakat untuk mendapatkan fasilitas kesehatan. Para peserta BPJS Kesehatan diharuskan untuk membayar premi setiap bulannya sesuai dengan pilihan fasilitas kesehatan yang ditawarkan BPJS Kesehatan. Ada 3 pilihan fasilitas kesehatan dengan beberapa cara pembayaran, salah satunya ialah cara bayar BPJS di ATM Mandiri.

Peserta BPJS Kesehatan bisa memilih tiga jenis iuran atau premi untuk mendapatkan fasilitas kesehatan dari BPJS. Fasilitas pertama untuk kelas satu, peserta harus membayar premi sebesar 80 ribu rupiah setiap bulan. Fasilitas kedua untuk kelas dua, peserta membayar iuran premi sejumlah 51 ribu rupiah setiap bulan. Sedangkan fasilitas ketiga untuk kelas tiga belum ada kenaikan premi, jadi peserta tetap membayar iuran sebesar 25.500 rupiah perbulannya. Iuran premi tersebut disetorkan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya kepada BPJS Kesehatan. Jika peserta telat membayar melebihi tanggal tersebut maka akan didenda sebesar 2% perbulannya.
cara bayar bpjs lewat atm mandiri,bayar bpjs lewat sms internet banking mandiri,bayar bpjs lewat atm bca,bayar bpjs telat,bayar bpjs ketenagakerjaan,membayar bpjs melalui bank,

Baca Juga : Cara Gampang Bayar BPJS lewat ATM BRI

BPJS Kesehatan sendiri telah bekerjasama dengan beberapa bank, seperti Bank Mandiri. Bagi masyarakat yang ingin menyetorkan iuran premi tersebut bisa memilih cara bayar BPJS melalui ATM Bank Mandiri. Syaratnya peserta tersebut harus memiliki kartu ATM, sebaiknya langsung menggunakan ATM Mandiri agar tidak dikenakan tarif tambahan. Sebelum menggunakan mesin ATM dan melakukan pembayaran, peserta harus memastikan nomor virtual account atau nomor yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan tersebut.
Berikut ini langkah-langkah cara bayar BPJS lewat ATM Mandiri.
  • Pertama Anda mendatangi lokasi ATM Mandiri yang terdekat dan siapkan kartu ATM yang akan digunakan.  Kemudian masukkan kartu ATM tersebut ke dalam mesin ATM.
  • Ketik PIN Mandiri Anda dengan tepat dan pilih menu Bahasa Indonesia. Jika PIN telah sesuai, mesin ATM akan mengarahkan ke menu berikutnya.
  • Kemudian pilihlah menu Bayar/Beli dari keterangan yang ada. Lalu pilihlah menu Lainnya agar mesin memproses permintaan Anda tersebut. 
  • Langkah selanjutnya cara bayar BPJS di ATM Mandiri tekan menu BPJS yang tertera di layar ATM. Ada dua pilihan menu, yaitu BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, pilih menu BPJS Kesehatan. 
  • Kemudian ada dua tampilan menu untuk pembayaran. Pilih menu individu jika Anda membayar untuk perseorangan, sedangkan jika Anda membayar untuk karyawan pilih menu Badan Usaha.
  • Selanjutnya ada keterangan untuk menginput kode khusus. Masukkan kode 89888 lalu ketik 11 angka belakang dari nomor virtual account Anda, konfirmasi dengan menekan menu Benar.
  • Bila kode yang diminta sudah sesuai, masukkan angka berdasarkan jumlah bulan yang akan dibayarkan. Pilih 1 jika Anda membayar untuk satu bulan, kemudian tekan Benar.
  • Kemudian ada pemberitahuan nominal jumlah uang yang harus dibayarkan, pastikan jumlah preminya sesuai.  Jika sudah benar, konfirmasi dengan tekan angka 1 dan pilih Ya.
  • Ikuti semua langkah diatas, dan tunggu sampai layar ATM menyebutkan Anda telah sukses melakukan pembayaran premi BPJS Kesehatan. Jika konfirmasi pembayaran selesai, ambil kembali kartu ATM Anda sebelum meninggalkan ATM.
Itulah tata cara bayar BPJS di ATM Mandiri untuk peserta BPJS Kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membayar iuran BPJS tepat waktu agar tidak dikenakan denda.
Labels: bayar bpjs ketenagakerjaan, bayar bpjs lewat atm bca, bayar bpjs lewat sms internet banking mandiri, bayar bpjs telat, cara bayar bpjs lewat atm mandiri, membayar bpjs melalui bank

Thanks for reading Info Cara Bayar BPJS di ATM Mandiri untuk Peserta BPJS Kesehatan. Please share...!