Detil Cara dan Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan

Pajak Motor Tahunan - Ada satu slogan yang dikenal oleh masyarakat luas agar mereka mau membayar pajak, yaitu “Orang Bijak Taat Pajak”. Pajak adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh masyarakat kepada pemerintah agar pembangunan negara tetap berjalan lancar. Salah satu pajak yang harus dibayarkan setiap tahunnya adalah pajak kendaraan bermotor. Bagi Anda para pemilik dan pengguna sepeda motor, berikut ini syarat bayar pajak motor tahunan yang harus dipatuhi.
Apabila Anda belum membayar pajak tahunan sepeda motor, Anda tidak perlu kuatir. Lakukan tata cara berikut ini beserta syarat bayar pajak motor tahunan yang harus disiapkan, antara lain:

1.       STNK Motor Asli dan Fotokopinya
Anda harus menyiapkan terlebih dahulu Surat Tanda Nomor Kendaraan asli sepeda motor dan buatlah foto kopinya sebanyak 1 buah. STNK adalah syarat wajib untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor Anda.

2.       BPKB fotokopi
Anda hanya perlu membawa satu buah fotokopi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Jika sudah berada di kantor SAMSAT, petugas akan memeriksa keterangan dari BPKB tersebut.

3.       KTP Asli dan Foto kopinya
Anda juga akan diminta menunjukkan Kartu Tanda Penduduk asli dan siapkan pula satu buah foto kopinya. Sedangkan untuk nama di KTP dengan nama yang tertera di BPKB serta STNK biasanya harus sama. 


bayar pajak motor tahunan tanpa bpkb,bayar pajak motor tahunan online,syarat bayar pajak motor atas nama orang lain,cara membayar pajak motor online,cara bayar pajak motor tanpa bpkb,

Baca Juga : Cara Bayar Pajak Mobil Online Yg Aman

Setelah memastikan syarat-syaratnya telah lengkap, Anda bisa datang ke kantor SAMSAT dimana pembayaran pajak STNK diterima. Ikutilah cara-cara untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor Anda, berikut ini:

1      Pengisian formulir
Ambillah formulir permohonan untuk memperpanjang STNK di loket pendaftaran. Isilah data-data yang dibutuhkan sesuai dengan keterangan yang diminta dengan lengkap. Lampirkan pula berkas-berkas atau syarat seperti yang disebutkan diatas.

2      Penyerahan formulir dan berkas
Setelah itu, bawalah formulir permohonan beserta berkas-berkas yang dibutuhkan ke loket penyerahan berkas. Anda diminta untuk menunggu dan petugas kemudian memberikan slip pembayaran pajak. Slip itu menjelaskan jumlah pajak yang harus dibayarkan.

3      Pembayaran pajak
Kemudian Anda menuju ke kasir untuk menyerahkan slip pembayaran pajak dan siapkan uang tunai untuk membayar pajak tersebut. Anda akan diberikan bukti pembayaran pajak setelah membayar sejumlah uang seperti yang dituliskan nominalnya.

4      Pengambilan STNK
Serahkan bukti pembayaran pajak ke loket untuk mengambil STNK. Tunggulah sampai nama Anda dipanggil dan petugas menyerahkan STNK motor Anda yang sudah dibubuhi tanda telah melunasi pembayaran pajak.

Selain membayar pajak motor tahunan melalui kantor SAMSAT di daerah setempat, Anda juga bisa membayar pajak melalui beberapa cara lain.  Misalnya melalui online seperti E-Samsat di Jawa Barat dan Jawa Timur atau pelayanan Samsat Drive Thru di DKI Jakarta. Syarat bayar pajak motor online bisa menjadi alternatif melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor Anda jika Anda tidak punya waktu datang ke kantor SAMSAT. Begitu pula dengan cara pembayaran pajak yang lainnya.
Itulah tata cara dan syarat bayar pajak motor tahunan yang bisa Anda lakukan sendiri, tanpa membutuhkan jasa calo. Sebaiknya pilihlah metode pembayaran yang paling tepat untuk dilakukan. Jika Anda lebih nyaman membayar pajak kendaraan bermotor melalui sistem online, pilihlah cara tersebut. Namun bila lebih mudah langsung mendatangi kantor SAMSAT terdekat, silakan menggunakan cara umum itu. Ingat, jangan lupa membayar pajak karena itu kewajiban kita sebagai warga negara yang baik, ya.