Cara Membayar Hutang Puasa Ramadhan Dengan Qadha

Membayar Hutang Puasa Ramadhan Dengan Qadha - Apabila Anda pernah meninggalkan puasa di bulan Ramadhan karena suatu halangan maka sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk membayarnya. Dalam membayar hutang puasa, terdapat dua pilihan cara, yaitu dengan qadha puasa dan membayar fidyah. Pada artikel ini secara khusus akan dijelaskan cara membayar hutang puasa Ramadhan dengan qadha. Apakah yang dimaksud dengan qadha puasa? Bagaimana cara pelaksanaan qadha puasa tersebut? Untuk mengetahuinya, simaklah ulasan selengkapnya berikut ini.

Qadha sebagai cara membayar hutang puasa Ramadhan merupakan penggantian kewajiban puasa di luar bulan Ramadhan yang dilakukan dengan menyesuaikan banyaknya jumlah hari puasa yang terhutang. Cara membayar hutang puasa Ramadhan dengan qadha pada dasarnya dapat dilakukan kapanpun sebelum datangnya bulan Ramadhan pada tahun berikutnya. Namun bagi Anda yang memang memiliki hutang puasa, disarankan agar melakukan qadha puasa dengan segera.
membayar hutang puasa ramadhan karena haid nifas atau hamil,membayar hutang puasa ramadhan bagi ibu hamil,membayar hutang puasa ramadhan,membayar hutang puasa ramadhan dengan fidyah di bulan syawal,

Baca Juga : Cara Membayar Fidyah dengan Uang dan Beras Yg Dianjurkan

Bahkan menurut pendapat dari Imam Ahmad dan Imam Hanafi melakukan qadha puasa diutamakan agar dilakukan pada bulan Syawal. Sedangkan untuk tata cara membayar hutang puasa Ramadhan ini tidak terikat dalam hal harinya, Anda dapat melakukan qadha puasa setiap hari berturut-turut hingga genap semua hutang puasa. Apabila Anda merasa tidak mampu melakukannya secara berturut-turut, maka Anda dapat melakukannya secara berselang-seling.

Wanita yang sudah baligh adalah pihak yang paling banyak memiliki hutang puasa karena setiap bulannya mengalami menstruasi. Namun terkadang banyak wanita yang lupa berapa harikah pastinya mereka meninggalkan hutang puasa, oleh karena itu, seringkali mereka mengalami kebingungan untuk melakukan qadha puasa. Apabila Anda adalah salah satu orang yang juga sering lupa jumlah hari saat berhutang puasa, maka ada baiknya jika Anda melebihkan jumlah qadha yang dilakukan.

Hal tersebut menjadi salah satu antisipasi dalam cara membayar hutang puasa Ramadhan agar nantinya Anda tidak memiliki amalan yang masih terhutang. Jika ternyata Anda melakukan qadha puasa melebihi jumlah hutang yang dimiliki, maka nantinya puasa yang Anda lakukan akan terhitung sebagai ibadah sunnah. Betapa Maha Pemurahnya Allah SWT.

Itulah pembahasan terkait cara membayar hutang puasa Ramadhan dengan qadha, semoga informasi tersebut dapat membantu menjawab kebingungan Anda selama ini. Menjelang datangnya bulan Ramadhan tidak ada salahnya jika Anda cepat melunasi semua hutang puasa yang masih tersisa. Pastikan jika Anda telah melakukan qadha puasa sesuai hutang hari pada bulan Ramadhan yang lalu.
Bagi Anda yang tidak memiliki hutang puasa namun menjadi wali dari orang yang tidak mampu melunasi hutangnya dengan cara melakukan qadha puasa, maka dimungkinkan dengan catatan semua tata caranya dilakukan sesuai dengan ketentuan syariah. Jika Anda masih bingung terkait cara membayar hutang puasa Ramadhan tersebut, disarankan untuk melakukan konsultasi lanjutan dengan guru spiritual yang lebih memahaminya. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs DMCA.com Protection Status
Back To Top