Cara Membayar Fidyah dengan Uang dan Beras yang Dianjurkan

Cara Membayar Fidyah dengan Uang dan Beras yang Dianjurkan
Cara Membayar Fidyah dengan Uang dan Beras yang Dianjurkan
Membayar Fidyah dengan Uang atau Beras - Puasa Ramadhan adalah salah satu kewajiban bagi seorang Muslim. Namun jika ia berhalangan karena alasan yang diperbolehkan oleh syar’i, maka ia harus mengqadha puasa tersebut di waktu lain atau ia harus membayar fidyah. Fidyah artinya memberi makan fakir miskin sesuai dengan keterangan yang berada di Quran surat Al Baqarah ayat 184. Jika Anda ingin mengetahui cara membayar fidyah dengan uang dan beras, berikut ini informasi mengenai hal tersebut.

Meski kebanyakan ulama tidak menganjurkan untuk membayar fidyah dengan uang tunai, beberapa ulama memperbolehkannya, seperti Komisi Fatwa Ulama Kuwait. Cara membayar fidyah dengan uang disesuaikan jumlahnya dengan kebiasaan makan sehari-hari pembayar fidyah tersebut. Contohnya dalam satu hari ia menghabiskan uang sejumlah 30 ribu untuk makan berarti ia membayar fidyahnya sesuai dengan makanan jadinya tersebut. Bisa pula dalam satu kali makan ia membayar 15 ribu rupiah maka fidyah yang ia bayarkan juga sebesar 15 ribu rupiah. Fidyah dibayarkan sesuai dengan jumlah hari di bulan Ramadhan dimana seorang Muslim tidak berpuasa.
cara membayar fidyah dengan beras,bolehkah membayar fidyah puasa dengan uang,membayar fidyah bagi ibu hamil dan menyusui,tata cara membayar fidyah,syarat perhitungan cara membayar fidyah,

Baca Juga : Ini Dia Cara Bayar Fidyah Yg Baik dan Benar

Menurut salah satu lembaga amil zakat yaitu dompet dhuafa, cara membayar fidyah puasa Ramadhan tidak mengharuskan pembayar fidyah mendatangi langsung fakir miskin yang ingin diberikan fidyah. Namun bisa melalui lembaga amil zakat yang terpercaya yang akan membantu menyalurkan fidyah berupa uang tunai tersebut ke fakir miskin yang membutuhkan. Hal ini tentu memudahkan bagi para pembayar fidyah yang ingin melakukan kewajibannya tersebut.

Selain dengan uang tunai, adapula cara membayar fidyah puasa dengan beras sesuai dengan yang dianjurkan banyak ulama. Fidyah dengan memberi makan bahan makanan pokok untuk fakir miskin ini lebih afdol dilakukan sesuai dengan dalilnya. Jenis bahan makanan pokok tersebut disesuaikan dengan kebiasaan penduduk di negara tersebut. Jika bahan makanan pokoknya beras berarti memberikan fidyah berupa beras, jika bahan makanan pokoknya gandum diganti dengan gandum.

Takaran fidyah untuk bahan makanan pokok adalah setengah sha seperti jumlah yang biasanya dimakan oleh pemberi fidyah. Ukuran untuk satu sha adalah 2,5 atau 3 kilogram, maka setengah sha kira-kira 1,5 kilogram bahan makanan pokok seperti beras. Adapun waktu pembayaran fidyah sendiri bisa memilih di hari yang sama ketika seorang Muslim berhalangan berpuasa atau menunggu banyaknya hari ia tidak berpuasa dan dihitung hingga akhir bulan Ramadhan.

Jika Anda masih belum membayar fidyah, segeralah melakukannya sebelum melakukan puasa wajib tahun depan. Lebih baik lagi apabila mereka yang diwajibkan membayar fidyah juga ikut mengqadha puasanya di hari lain, kecuali jika memang tidak bisa melakukan puasa menurut perhitungan medis.  Itulah informasi mengenai cara membayar fidyah dengan uang dan beras bagi mereka yang berhalangan puasa Ramadhan dan wajib menggantinya dengan fidyah.
Cara Membayar Fidyah dengan Uang dan Beras yang Dianjurkan Rating: 4.5 Posted by: Lomba Cindra