Rabu, 19 September 2018

Cara Bayar Pajak Motor Tanpa BPKB Dengan Mudah

Cara bayar pajak motor tanpa BPKB. Pajak kendaraan bermotor sebaiknya dibayar tepat waktu supaya pemilik kendaraan bermotor tidak terkena denda. Mungkin pasal 83 peraturan Kapolri No 5 Tahun 2012 menjadi berita yang menggembirakan bagi masyarakat Indonesia khususnya yang mempunyai kendaraan bermotor. Mengapa? Karena di dalam peraturan Kapolri No 5 Tahun 2012 tertulis, bagi siapa saja pemilik kendaraan bermotor yang dibeli dengan cara kredit maka tidak perlu membawa BPKB ketika perpanjangan STNK. Akan tetapi cukup mengisi formulir dan menyerahkan KTP dan STNK.

Adapun yang wajib membawa BPKB ketika perpanjang kendaraan bermotor adalah motor yang sudah diblokir. Mungkin cara perpanjang STNK motor hampir sama dengan mobil yaitu jika kredit tidak perlu memberikan BPKB. Karena peraturan tersebut sudah diberlakukan, sebab 90 persen pemilik kendaraan mempunyai kaitannya dengan pembayaran sistem kredit, baik itu ketika pembelian atau karena dijadikan sebagai jaminan. Tentunya hal tersebut disambut positif oleh masyarakat Indonesia, khususnya yang ingin memperpanjang STNK. Karena pemilik tidak perlu meminta fotocopy BPKB ke perusahaan.
syarat perpanjang stnk mobil tanpa bpkb,cara perpanjang stnk motor kredit,persyaratan memperpanjang stnk,bayar pajak tanpa bpkb asli,bayar pajak motor online,bayar pajak motor atas nama orang lain,

Baca Juga : Prosedur Cara Bayar Pajak Atas Nama Orang Lain 

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk membayar pajak motor tanpa menggunakan BPKB ini. Cara bayar pajak motor tanpa BPKB agar mudah dan lancar semua syarat wajib dipenuhi. Berikut persyaratan yang wajib dibawa ketika ingin membayar pajak kendaraan bermotor tahunan antara lain membawa KTP asli serta fotocopy sesuai dengan STNK pemilik kendaraan, membawa STNK dan BPKB asli. Sedangkan syarat untuk membayar pajak kendaraan bermotor 5 tahunan yaitu KTP asli dan fotocopy sesuai STNK pemilik kendaraan, STNK, BPKB asli dan tes fisik kendaraan.
Berikut ini prosedur perpanjangan STNK kendaraan bermotor yang harus dilakukan secara sistematis.
  • Silahkan ambil di loket pendaftaran formulir permohonan untuk perpanjang STNK (gratis).
  • Kemudian isi formulir tersebut dan masukkan berkas atau syarat yang diperlukan.
  • Serahkan formulir yang sudah diisi beserta persyaratan berkasnya di loket pemeriksaan pajak progresif.
  • Selanjutnya ambil kembali berkas itu dan serahkan ke loket penyerahan berkas permohonan untuk memperpanjang STNK.
  • Tunggu beberapa saat dan Anda akan diberi slip pembayaran yang isinya tentang data syarat     kelengkapan berkas.
  • Kemudian bayar pajak ke kasir dan tunggu panggilan untuk menerima plat motor yang baru.
Nah itulah cara bayar pajak motor tanpa BPKB yang mudah dan tidak ribet. Tentunya masyarakat harus merasa bersyukur karena motor kredit tidak perlu membawa BPKB ketika memperpanjang STNK. Oleh karena itu, segeralah bayar pajak kendaraan bermotor Anda tepat waktu agar tidak terkena denda. Demikian penjelasan mengenai cara memperpanjang STNK tanpa BPKB semoga dapat membantu pemilik kendaraan bermotor ketika ingin membayar pajak motor, terima kasih.