Cara Bayar Pajak Motor Online yang Penting untuk Diketahui

Cara Bayar Pajak Motor - Informasi mengenai cara bayar pajak motor online menjadi informasi yang penting untuk Anda ketahui. Bagi Anda yang memiliki motor, tentu saja Anda harus membayar pajak setiap tahunnya. Pembayaran pajak motor menjadi salah satu hal yang cukup malas dilakukan oleh beberapa orang. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya yaitu tidak memiliki waktu lebih untuk membayar pajak di Samsat. Ada pula yang malas membayar pajak motor sendiri karena kurang sabar ketika mengantre. Hal ini menyebabkan sebagian orang memilih untuk menggunakan jasa orang lain dalam pembayaran pajak motor.

Namun sekarang telah hadir e Samsat yang dapat dimanfaatkan untuk pembayaran pajak secara elektronik. Walaupun belum hadir di semua daerah di Indonesia, layanan ini sudah ada di beberapa daerah. Diantaranya yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, NAD dan DKI Jakarta. Bagi Anda yang tinggal di salah satu daerah tersebut, saat ini Anda dapat membayar pajak motor dengan lebih mudah. Namun perlu diingat, ada beberapa kondisi yang perlu Anda penuhi untuk memanfaatkan layanan tersebut. Di antaranya yaitu:

-          Keadaan pengesahan STNK 1 tahun
-          Motor tidak dalam keadaan hilang atau rusak atau dalam masalah kriminal
-          Keadaan tidak mengganti STNK
-          Disertai dengan KTP pemilik asli, STNK dan juga BPKB
-          Motor tidak dalam kondisi telat bayar pajak lebih dari 1 tahun
cara bayar pajak motor online,cara bayar pajak motor tanpa bpkb,cara hitung pajak motor,cara bayar pajak motor kredit,bayar pajak motor 5 tahunan ganti plat,bayar pajak motor atas nama orang lain,

Baca Juga : Hal Terpenting Yg Harus Di Ketahui Saat Bayar Pajak Motor

Untuk cara bayar pajak motor online sendiri di antaranya yaitu:
1.       Langkah pertama
Pilih kota atau lokasi kendaraan Anda sesuai dengan pendaftarannya. Anda dapat melakukan cara ini setelah masuk ke situs pembayaran pajak online sesuai dengan kota Anda.
2.       Langkah kedua
Selanjutnya pilih Samsat Awal kendaraan sesuai pendaftaran lalu masukkan nomor polisi kendaraan yang ingin diproses. Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan kode acak yang muncul di layar untuk kepentingan keamanan dari ancaman hacker. Masukkan kode tersebut dengan benar untuk membuktikan bahwa Anda bukan robot.
3.       Langkah ketiga
Setelah itu, Anda akan melihat maklumat mengenai nilai pembayaran PKB disertai dengan rincian pokok, bunga, denda dan progresif. Jika Anda sudah melakukan cara bayar pajak motor online, Anda harus mengisi nomor rangka dan nomor BPKB. Keduanya harus cocok, setelah itu pilih Samsat untuk pengesahan STNK. Lanjutkan dengan memilih Bank untuk melakukan pembayaran pajak motor Anda.
4.       Langkah keempat
Cara bayar pajak motor online Jawa Timur atau daerah lain hampir sama, namun situs yang dikunjungi berbeda. Langkah berikutnya yaitu perhatikan data verifikasi yang muncul, ambil Notice pajak kendaraan sesuai pada data tersebut.
5.       Langkah kelima
Selanjutnya lakukan pembayaran pajak yang dapat dilakukan via Teller, PPOB, SMS Banking, ATM, Internet Banking atau cara pembayaran online lainnya. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode booking atau biasa yang disebut Kode Bayar. Lakukan pembayaran dengan menggunakan Kode Bayar tersebut.

Setelah pembayaran selesai, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran yang ditampilkan pada channel Bank. Anda dapat mencetaknya sebagai alat untuk melakukan pengesahan STNK 1 tahunan. Cetak juga Notice PKB di Samsat disertai dengan KTP asli, STNK dan BPKB motor tersebut. Batas maksimumnya yaitu 7 hari setelah Anda melakukan cara bayar pajak motor online tersebut.