Cara Bayar Pajak Mobil Online Yang Aman

Cara bayar pajak mobil online yang aman tentunya menjadi salah satu hal wajib yang harus diketahui oleh masyarakat yang ingin membayar pajak dengan kemudahan. Untuk Anda yang memiliki waktu yang cukup terbatas mungkin dengan adanya layanan pembayaran pajak mobil secara online ini akan sangat membantu. Dibandingkan jika harus mengantre di kantor Samsat tentunya melakukan pembayaran pajak secara online ini menjadi salah satu solusi utama untuk Anda.

Di daerah Jawa Barat, sudah cukup mudah melakukan pembayaran kendaraan bermotor dengan sistem Online. Bayar pajak mobil online Jawa Barat mungkin sudah cukup lengkap prosesnya. Berbeda dengan daerah Jawa Timur yang sudah cukup praktis dan juga mudah dilakukan. Walaupun sudah mengusung sistem pembayaran online untuk pajak kendaraan bermotor khususnya mobil, tata cara yang digunakan oleh pemerintah Jawa Barat ini masih sedikit rumit dan membuat banyak orang juga merasa kebingungan.
cara bayar pajak mobil yang masih kredit,bayar pajak mobil online jateng,cara bayar pajak mobil online jawa tengah,pembayaran pajak motor,pajak kendaraan bermotor online antar provinsi,

Baca Juga : Cara Mudah Bayar Pajak Atas Nama Orang Lain

Tempat pembayaran pajak mobil memang dapat dilakukan di kantor pusat Samsat yang berada di berbagai daerah di seluruh provinsi Indonesia. Namun, sistem pembayaran pajak juga dapat dilakukan secara online yang lebih mudah dan praktis. Sangat cocok untuk Anda yang sedikit memiliki waktu luang. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah atau cara bayar pajak mobil online di daerah Jawa Barat:
  • Langkah pertama dalam melakukan pembayaran pajak secara online adalah mendaftarkan nama dan identitas Anda ke Samsat Jawa Barat. Caranya cukup mudah karena hanya perlu mengirimkan SMS dengan format: esamsas (no. chasis) (no. KTP) (email) dan kirim ke nomor 08112119211.
  • Jika sudah, Anda sebaiknya melakukan pengecekan terhadap status data NIK atau KTP, curanmor serta blokir ke server Polda. Begitu data sudah terkirim, biasanya akan mendapatkan SMS balasan yang berisi kode bayar, jumlah tagihan dan juga data kendaraan.
  • Apabila data kendaraan serta jumlah penetapannya sudah tepat, maka Anda dapat langsung membayar di ATM Bank BJB. Yang mengikuti langkah pembayaran di ATM BJB dengan mudah karena hanya memilih opsi pajak kendaraan dengan cara memasukkan kode pembayarannya.
  • Apabila sudah selesai melakukan pembayaran akan mendapatkan struk tanda bukti dari ATM Bank BJB. Jika sudah mendapatkan struk tanda bukti, biasanya akan mendapatkan SMS konfirmasi pembayaran pajak mobil. Anda hanya perlu datang ke kantor Samsat untuk menukarkan struk pembayaran dari ATM Bank BJB tersebut dengan SKPD. Pembayaran pajak mobil secara online sudah selesai.
Cara bayar pajak mobil online yang aman memang dapat dilakukan dengan menggunakan bank yang kerja sama dengan Samsat. Dibandingkan dengan harus datang ke kantor Samsat untuk melakukan pembayaran yang terkadang banyak sekali calo yang menawarkan dengan harga tinggi, tentunya membayar secara online ini jauh lebih menghemat biaya dan juga proses pembayarannya sangatlah mudah.