Bagaimana Cara Pembayaran BPJS Lewat ATM Mandiri?

Cara pembayaran BPJS lewat ATM Mandiri. BPJS merupakan salah satu asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan yang dimiliki oleh Pemerintah. Tidak mengherankan jika akhirnya banyak sekali masyarakat yang menggunakan BPJS ini untuk jaminan kesehatannya. Biasanya, penggunaan ATM pribadi ini digunakan untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan. Karena biasanya untuk BPJS Ketenagakerjaan akan diurus oleh Badan Usaha sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Sudah cukup lama semenjak Bank Mandiri menerapkan kebijakan pembayaran BPJS Kesehatan dilakukan dengan menggunakan pembayaran menggunakan ATM.

Penggunaan ATM Mandiri untuk pembayaran BPJS Kesehatan sebenarnya juga terbilang cukup mudah. Hanya saja, ketika Anda membayarkan lewat ATM ini harus berhati-hati dalam memasukkan kode. Cara bayar BPJS lewat ATM Mandiri memang sebaiknya diketahui oleh Anda mengingat saat ini sudah menggunakan sistem pembayaran melalui ATM untuk BPJS Kesehatan. Dengan mengetahui cara membayar lewat ATM tentunya akan memudahkan Anda juga ketika membayar tagihan BPJS ini di bulan-bulan berikutnya.
cara pembayaran bpjs lewat atm bank mandiri,cara bayar bpjs lewat atm mandiri syariah,bayar bpjs lewat atm mandiri tidak bisa,cara bayar bpjs lewat internet banking mandiri,

Baca Juga : Langkah2 Cara Pembayaran BPJS melalui ATM BNI

Cara bayar tagihan BPJS lewat ATM Mandiri dapat dikatakan mudah tetapi juga sulit. Mudah untuk masyarakat yang sudah terbiasa membayar tetapi sulit untuk masyarakat yang baru saja akan membayar tagihan BPJS dengan menggunakan ATM Mandiri. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini adalah cara pembayaran BPJS lewat ATM Mandiri dengan mudah:

1.       Langkah pertama adalah memasukkan kartu dan juga mengisi PIN Anda. Setelah masuk ke menu utama, sebaiknya pilih menu ‘lainnya’. Langkah selanjutnya adalah memilih menu Bayar atau Beli. Setelah masuk ke menu Bayar atau Beli, pilih menu Lainnya lagi.

2.       Selanjutnya Anda dapat memilih menu BPJS. Pastikan memilih BPJS Kesehatan.  Pilih jenis BPJS Kesehatan yang Anda gunakan. Jika individu sebaiknya pilih Individu. Begitu pula jika merupakan badan usaha. Langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor Virtual Account yang terdiri dari 16 digit. Biasanya diberikan oleh petugas ketika mengurus surat BPJS.

3.       Jika sudah memasukkan nomor virtual account, Anda dapat langsung memasukkan jumlah tagihan yang akan Anda bayarkan. Sesuaikan dengan jumlah bulan yang akan Anda bayarkan. Pilih item pembayaran yang disesuaikan dengan premi kelas yang dipilih. Kelas 1, 2 atau kelas 3.

4.       Tahap selanjutnya adalah munculnya konfirmasi pembayaran. Sebaiknya Anda cek terlebih dahulu nama anggota, jumlah bulan yang dibayarkan dan besaran jumlah biaya yang dibayarkan. Jika sudah benar semua, Anda dapat menekan tombol ya. Menunggu sebentar untuk memproses transaksi dan selesai.

Cara pembayaran BPJS lewat ATM Mandiri ini tentunya menjadi lebih mudah karena memang akan sangat membantu untuk orang-orang yang memiliki luang yang cukup terbatas. Terlebih lagi dengan penggunaan mesin ATM yang sudah cukup banyak ini tentunya juga semakin memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran BPJS tanpa perlu mengantre di Bank yang bekerja sama dengan BPJS lagi. Hal yang paling utama adalah masyarakat dididik untuk lebih mandiri terhadap asuransi kesehatannya masing-masing.